Minggu, 10 Maret 2013

Fungsi Pembelajaran Matematika



Fungsi Media Pembelajaran Matematika


            A.         Pengertian Media Pembelajaran
Agar tujuan pendidikan bisa tercapai, maka perlu diperhatikan segala sesuatu yang mendukung keberhasilan program pendidikan-pendidikan itu. Dari sekian faktor penunjang keberhasilan tujuan pendidikan, kesuksesan dalam proses pembelajaran merupakan salah satu faktor yang sangat dominan. Untuk itu perlu sekali dalam proses pembelajaran diciptakan suasana yang kondusif, agar siswa benar-benar tertarik dan ikut aktif dalam proses tersebut.
Dalam kaitannya dengan usaha menciptakan suasana yang kondusif, media merupakan salah satu faktor yang turut menentukan keberhasilan pembelajaran. Kata media berasal dari bahasa latin yaitu medium yang secara harviah berarti tengah, perantara atau pengantar. Dengan kata lain, media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim pesan kepada penerima pesan.

B. Fungsi Media dalam pembelajaran matematika
Fungsi media dalam pembelajaran :
1.      Fungsi edukatif yaitu memberikan pengaruh yang bernilai pendidikan, mendidik siswa dan masyarakat untuk berpikir kritis, memberi pengalaman yang bermakna, serta mengembangkan dan memperluas cakrawala berpikir siswa.
2.      Fungsi sosial yaitu memberikan informasi autentik dalam berbagai bidang kehidupan dan konsep yang sama pada setiap orang sehingga dapat mempeluas pergaulan, pengenalan, pemahaman tentang orang, adat istiadat dan cara bergaul.
3.      Fungsi ekonomis yaitu dengan menggunakan media pendidikan pencapaian tujuan dapat dilakukan dengan efesien, penyampaian materi dapat menekan sedikit mungkin penggunaan biaya,tenaga, serta waktu tanpa mengurangi efektivitas dalam pencapaian tujuan.
4.      Fungsi budaya yaitu memberikan perubahan-perubahan dalam segi kehidupan manusia, dapat mewariskan dan meneruskan unsur-unsur budaya dan seni yang ada di masyarakat.

Menurut Winataputra(Arindawati,2004:47-48), Bahwa media pembelajaran berfungsi sebagai berikut :
1.       Untuk mewujudkan situasi belajar mengajar yang lebih efektif.
2.      Media pembelajaran sebagai bagian yang integral dari keseluruhan proses pembelajaran.
3.      Media pembelajaran dalam penggunaannya harus relevan dengan tujuan dan isi pembelajaran.
4.      Hiburan dan memancing perhatian siswa.
5.      Untuk mempercepat proses belajar dalam menangkap tujuan dan bahan ajar secara cepat dan mudah.
6.      Meningkatkan kualitas belajar mengajar.
7.      Media pembelajaran meletakkan dasar-dasar yang konkrit dalam menghindari terjadinya penyakit verbalisme.

Perlu diingat, bahwa peranan media tidak akan terlihat apabila penggunaannya tidak sejalan dengan esensi tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Karena itu tujuan pembelajaran harus dijadikan sebagai pangkal acuan untuk menggunakan media. Manakal diabaikan, maka media abukan lagi sebagai sesuatu yang dapat membantu proses pembelajaran, tetapi sebagai penghambat dalam pencapaian tujuan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar